TIPS MELINDUNGI MATA

10 Tips Melindungi Mata dari Sinar Komputer

1. Turunkan kecerahan layar
Ketika Anda harus terus melihat layar komputer sepanjang hari karena sudah menjadi bagian dari pekerjaan Anda, setidaknya Anda bisa melindungi mata Anda dengan menurunkan kecerahan layar. Silau dari sinar dari layar komputer akan membuat mata Anda berair.

2. Gunakan kacamata ketimbang lensa kontak
Jika Anda memakai lensa kontak saat bekerja pada komputer, waspadalah karena hal itu justru akan membahayakan mata Anda. Lensa kontak membuat mata Anda kering dan tidak berfungsi sebagai penghalang fisik antara layar dan mata Anda. Jadi, lebih baik gunakan kacamata.

3. Kenakan kacamata anti-glare
Jika Anda terpaksa memakai kacamata minus atau plus, sebaiknya tambahkan pula lapisan anti-glare (silau) pada lensa kecamata Anda. Kini sudah banyak toko optik yang memiliki lensa seperti ini.

4. Berkediplah sebanyak mungkin
Kita biasanya terlalu asyik membaca atau mengerjakan sesuatu di komputer atau gadget sehingga seringkali lupa untuk berkedip. Alhasil, mata kita akan cepat lelah dan kering. Kalau sudah kering, maka timbullah iritasi. Oleh sebab itu, usahakan untuk berkedip sesering mungkin sehingga mata Anda tetap lembab.

5. Menjaga jarak pandang dari layar
Anda harus selalu menjaga jarak yang tepat dari layar komputer saat bekerja. Itu sebabnya, sebaiknya gunakan desktop ketimbang tablet dan laptop ketika Anda harus mengerjakan tugas dalam waktu yang cukup lama.

6. Meningkatkan ukuran font
Ketika Anda mencoba untuk membaca atau menulis sesuatu dengan cepat, selalu gunakan ukuran huruf (font) komputer yang besar. Hal ini sangat berguna untuk meringankan beban mata saat membaca tulisan di komputer.

7. Jangan terlalu sering melototi layar
Hindari untuk menyipitkan mata ketika Anda mencoba untuk membaca sesuatu yang tampak kecil di layar. Tablet atau ponsel memiliki pilihan fitur untuk membesarkan gambar/objek di layar, sehingga manfaatkanlah fitur tersebut dengan baik. Menyipitkan atau menfokuskan mata pada layar gadget akan merusak mata Anda.

8. Gunakan Optical Screen Guard 
Beberapa orang menambahkan pelindung layar mata (Optical Screen Guard) di layar komputer untuk melindungi mata mereka. Ini mungkin salah satu cara terbaik untuk mengurangi ketegangan pada mata Anda.

9. Gerak-gerakkan mata Anda
Telalu lama terfokus pada layar komputer bisa membuat mata Anda malas. Lakukan gerakan memutar-mutar mata sesekali sehingga membuat otot mata Anda rileks.

10. Gunakan kacamata normal
Sekalipun mata Anda normal tanpa mengalami kelainan tertentu, menggunakan kacamata mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi mata Anda dari paparan sinar komputer / gadget.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH TENTANG ULAR

Puisi Kesatria Wahidiyah